KSM Prov Kalsel Resmi Dimulai, Tumbuhkan Semangat Kompetitif & Kolaboratif Siswa Madrasah

By admin 02 Agu 2024, 08:07:50 WIB Pendidikan
KSM Prov Kalsel Resmi Dimulai, Tumbuhkan Semangat Kompetitif & Kolaboratif Siswa Madrasah

Banjarmasin (Kemenag Kalsel) – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengharapkan agar pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dapat menumbuhkan semangat kompetitip dan kolaboratif siswa madrasah.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kompetitif dan kolaboratif di antara siswa madrasah, mendorong mereka untuk meraih prestasi bersama,” harap Tambrin dalam sambutannya pada acara pembukaan KSM yang digelar di MAN 2 Banjarmasin. Kamis (1 Agustus 2024)

“Harapan lainnya adalah melalui kegiatan ini, dapat menjaring siswa-siswi terbaik dalam bidang sains dan teknologi, yang nantinya dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ternama, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Selanjutnya, Tambrin menilai KSM tersebut merupakan momen penting untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan pendidikan sains di madrasah. Melalui kompetisi ini, kita dapat memastikan bahwa setiap pihak yang terlibat memiliki pemahaman yang sama dan bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama yaitu mengawal dan mewujudkan madrasah maju, bermutu dan mendunia,” katanya.

Terakhir Tambrin berpesan untuk selalu terbuka terhadap inovasi, menjunjung integritas, dan berfokus pada peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan. “Jadikan KSM sebagai salah satu indikator keberhasilan dalam menghasilkan pendidikan yang berkualitas,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penmad Bukhari Muslim dalam lapoprannya menyampaikan, secara umum, pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan  untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan  kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu  pengetahuan dan teknologi.

Bukhari menerangkan, tahun ini format KSM menambahkan kompetisi beregu selain individu. Total peserta KSM Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan adalah 383 peserta didik dengan pembagian, 224 peserta individu dan 159 peserta beregu.

KSM dilaksanakan selama 1 hari, Kamis, 01 Agustus 2024 dengan terbagi tiga sesi, yaitu sesi pertama dari jenjang MA berjumlah 139 peserta, sesi kedua dari jenjang MTs berjumlah 141 peserta, dan sesi ketiga dari jenjang berjumlah 103 peserta.

 Sumber Berita : https://kalsel.kemenag.go.id/berita/590205/KSM-Prov-Kalsel-Resmi-Dimulai




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment